Sekjen Kementan: Pangan Jadi Fondasi Pemersatu Bangsa

By Admin


nusakini.com - Kementerian Pertanian (Kementan) hari ini, Kamis (1/6/2017) menggelar upacara Hari Lahir Pancasila di lapangan kantor pusat, Jakarta.

Upacara dipimpim Sekretaris Jenderal Kementan, Hari Priyono dan dihadiri jajaran Eselon I dan seluruh karyawan.

Dalam kesempatan ini, Hari menegaskan pangan merupakan fondasi penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Menurutnya, ketersediaan pangan tidak boleh berkurang.

“Pasalnya, jika suatu wilayah tertentu yang masyakaratnya sulit mengakses pangan, maka bisa menyebabkan distorsi persatuan dan kesatuan bangsa,” tegasnya.

Karena itu, Hari mengungkapkan salah satu program prioritas Kementan yakni membangun pangan di wilayah perbatasan. Hal ini tidak hanya dalam membangun kedaulatan pangan, tapi juga untuk mempertahankan keutuhan NKRI.

“Untuk itu pemerintah harus mampu menyediakan kebutuhan pokok masyarakat yaitu pangan,” tegasnya.

Hari menambahkan menjelang bulan puasa sampai dengan saat ini, ketersediaan dan harga pangan masih terjaga. Begitu juga dengan pasar komoditas pangan masih tersedia.

“Walaupun dalam kondisi tersebut terdapat dinamika tetapi masih dalam situasi toleransi. Harga naik bukan berarti pangan tidak tersedia. Kita bisa lihat, pasar komoditas tersedia dengan baik dan merata di semua daerah,” ujarnya.

Karena itu, sambungnya, peran seluruh jajaran Kementan terus meningkatkan capaian produksi pangan. (p/mr)